Ada beberapa tahapan yang harus dilalui seseorang ketika membuat desain seragam perusahaan salah satunya pemilihan warna. Percaya atau tidak, warna memiliki peranan yang sangat penting terhadap branding perusahaan. Jika warna yang dipilih terlalu biasa, maka orang lain tidak akan melihat seragam tersebut sebagai sesuatu yang istimewa.
Tips pilih warna seragam perusahaan untuk tingkatkan branding awareness
Meningkatkan pengenalan brand kini bisa dilakukan dalam bentuk apa saja, termasuk membuat seragam yang menarik. Supaya seragam baru yang dibuat mampu meningkatkan branding dengan mudah, simak pilihan warna terbaik berikut ini:
1. Pilih warna yang tajam
Hampir semua seragam perusahaan dibuat dengan satu warna, karena menggunakan 2-3 kombinasi warna justru akan membuat seragam tampak tidak fokus. Pilihan warna tajam bukan berarti warna-warna yang cerah seperti warna merah atau kuning.
Warna tajam juga bisa dikonotasikan pada pilihan warna coklat atau hitam yang kuat dengan beberapa detail tambahan. Maka alih-alih memilih warna yang terlalu terang atau warna pastel, pilih warna yang memiliki powerfull. Sehingga orang lain langsung bisa mengenali seragam yang dikenakan meskipun jarak pandangnya jauh.
2. Pilih warna yang mempromosikan brand
Karena tujuannya adalah branding awareness, maka pilih warna seragam kantor yang dikombinasikan dengan beberapa atribut perusahaan. Seperti logo perusahaan atau bahkan inisial dan nama perusahaan.
Dan tidak hanya dijahit di bagian depan, logo atau nama perusahaan juga bisa dijahit di kemeja seragam bagian belakang. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan pengenalan perusahaan terhadap masyarakat. Setidaknya mereka mengetahui nama perusahaan dan apa seragam yang dimiliki dari perusahaan tersebut.
Supaya dominasi warna baju seragam tidak menutupi warna logo atau nama perusahaan, maka pilih kombinasi warna yang tepat. Contohnya jika seragam berwarna hitam, maka jahit logo berwarna putih.
3. Pilih warna yang tidak banyak digunakan brand lain
Beberapa warna terkadang menjadi warna langganan dari seragam kerja perusahaan. Sebut saja warna hitam, putih, biru muda atau warna navy. Agar perusahaan memiliki identitas seragam yang berbeda, tidak ada salahnya untuk menggunakan warna baru.
Pemilihan warna yang tidak biasa akan mempermudah masyarakat untuk mengenali seragam perusahaan. Seragam dengan warna yang unik juga bisa menjadi tren seragam baru di dunia industri.
Menggunakan seragam menjadi salah satu kewajiban karyawan atau pegawai di instansi atau perusahaan. Hal ini sudah diatur sejak awal sebelum seorang karyawan diterima bekerja di perusahaan.
Menariknya, seragam yang dibuat oleh perusahaan bukan sekedar fasilitas perusahaan tapi turut dimanfaatkan sebagai branding awareness perusahaan. Agar kegiatan ini berjalan dengan lancar, tidak jarang perusahaan menggunakan jasa desain dan konveksi seragam yang profesional.
Karena di tangan berpengalaman, kain seragam perusahaan yang tidak istimewa bisa berubah menjadi baju seragam yang sangat unik dan memiliki ketajaman untuk mempromosikan nama perusahaan.
Oleh: henryadams.co.id