Seragam perusahaan digunakan oleh karyawan selain sebagai identitas juga untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa perusahaan tersebut memiliki kepedulian yang bagus. Kegiatan marketing memiliki pengaruh yang besar bagi kelangsungan perusahaan bisnis.
Seragam perusahaan dan teknik marketing
Jika marketing dapat berjalan dengan baik maka perusahaan memiliki omset yang meningkat juga. Marketing di sini sebagai langkah promosi dengan mengkomunikasikan kepada masyarakat atas produk yang dijual oleh perusahaan tersebut:
1. Teknik marketing dengan baju seragam
Teknik promosi dilakukan dari mulut ke mulut, melalui media massa ataupun media cetak atau juga bisa dengan baju seragam promosi. Seragam kerja yang dikenakan oleh karyawan memiliki logo perusahaan ataupun atribut yang lainnya. Hal ini membantu masyarakat atau pelanggan secara tidak langsung mengenal perusahaan tersebut. Jika pelanggan sudah tahu perusahaan tersebut ialah perusahaan yang terpercaya tentu menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan.
2. Fungsi branding
Pakaian seragam dilengkapi dengan nama perusahaan sesuai bidang pekerjaan karyawan. Tulisan ini sebenarnya juga berfungsi sebagai branding, dimana saat karyawan melakukan marketing di luar perusahaan. Maka masyarakat akan membaca tulisan tersebut yang ada di pakaian seragam. Tulisan yang dicantumkan sebaiknya hanya berisi nama perusahaan ataupun brand dari perusahaan, jadi seragam tidak dipenuhi tulisan-tulisan yang tidak penting.
3. Hadiah baju sebagai teknik marketing
Perusahaan dapat mengadakan promo ataupun kuis nantinya konsumen yang menang akan diberi baju seragam. Jika baju seragam yang diberikan tersebut memiliki nama dan logo perusahaan. Saat dikenakan di masyarakat akan banyak yang tahu tentang perusahaan ini. Secara tidak langsung marketing sudah berjalan dengan baik dan salah satu cara menarik perhatian masyarakat untuk menggunakan berbagai produk perusahaan. Baju yang diberikan sebaiknya didesain dengan menarik sehingga konsumen bisa mengenakan dengan percaya diri. Jadi, konsumen senang dan beruntung serta perusahaan pun mendapatkan keuntungan tersendiri. Dalam hal ini kedua belah pihak diuntungkan.
4. Pemilihan desain
Desain seragam kantor tak boleh dipilih sembarangan sebab berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri konsumen saat mengenakannya. Jadi jangan menggunakan kombinasi warna yang mencolok, sebab tidak berpengaruh baik sebagai alat promosi. Jadi silahkan mengombinasikan dengan warna-warna yang bagus sehingga logo atau nama perusahaan bisa dibaca dengan jelas oleh masyarakat. Sehingga masyarakat akan tertarik mengenal perusahaan serta produk yang ditawarkan lebih jauh.
Boleh saja menggunakan warna cerah namun tetap enak saat dilihat. Tidak membuat masyarakat sakit mata. Warna juga bisa disesuaikan dengan desain seragam yang dibuat. Jangan lupa lengkapi logo atau brand perusahaan. Saat karyawan mengenakannya, akan dilihat oleh pelanggan dan orang banyak. Jadi, benar-benar didesain dengan bagus.
Itulah fungsi seragam perusahaan sebagai teknik marketing yang berpengaruh baik bagi keuntungan perusahaan untuk lebih maju, semoga bermanfaat.
Oleh: