Bagi seorang karyawan tentu sudah mengenal yang mana disebut seragam perusahaan. Seragam yang dikenakan oleh karyawan berguna untuk menunjukkan identitas serta mitra lebih memilih perusahaan yang tertata.
Fungsi seragam perusahaan meningkatkan kepercayaan
Jika perusahaan tidak menetapkan pakaian seragam untuk karyawannya, rasanya tidak lebih bagus dibandingkan perusahaan yang menetapkan seragam. Seragam membuat masyarakat dan pelanggan lebih percaya akan performa dan prospek perusahaan tersebut:
1. Kepercayaan akan bisnis yang dibangun
Bisnis suatu perusahaan tidak akan berkembang jika tidak ada pelanggan yang membeli bisnis tersebut. Jika pelanggan percaya pada bisnis perusahaan maka pelanggan akan menginformasikan ke rekan-rekannya. Sehingga keuntungan perusahaan semakin meningkat. Cara meningkatkan kepercayaan dengan mewajibkan semua karyawan mengenakan seragam kantor.
Perusahaan jika karyawannya mengenakan seragam maka perusahaan tersebut akan tampak profesional dan benar-benar serius dalam mengembangkan bisnisnya. Sehingga di mata pelanggan, perusahaan tersebut benar-benar memperhatikan dan peduli pada karyawan
Perusahaan yang tidak mewajibkan karyawannya mengenakan seragam tampak tidak serius menata bisnisnya untuk maju terus hingga menjadi yang terbaik. Ini tentu berpengaruh buruk bagi kelangsungan perusahaan tersebut. sehingga penggunaan seragam dan kepercayaan pelanggan memiliki hubungan erat.
2. Desain seragam
Ini juga penting diperhatikan, tentunya desain harus dibuat yang bagus, dengan nilai estetika sehingga enak saat dilihat. Harus menggunakan bahan yang nyaman, awet dan para karyawan tetap bisa aktif bergerak meski menggunakan seragam tersebut. Keselamatan karyawan juga dijaga dengan seragam ini khususnya karyawan yang bekerja di bidang berisiko tinggi.
Perusahaan yang tidak membuat peraturan seragam kerja kepada karyawannya terlihat tidak peduli apakah karyawannya sudah memenuhi syarat atau belum. Jika pelanggan melihat hal ini, pelanggan dapat kurang percaya dan tidak tertarik untuk bekerja sama dengan perusahaan. Sebab berpikiran perusahaan ini tidak memiliki aturan dan tidak profesional.
3. Warna seragam
Warna juga tak boleh dipilih sembarangan, sebab jika warna yang dipilih tak cocok atau tak serasi maka kepercayaan pelanggan akan perusahaan juga bisa berkurang. Warna seragam juga tergantung bidang pekerjaan masing-masing karyawan yang juga dipengaruhi kebijakan masing-masing perusahaan. Umumnya hal ini berkaitan dengan identitas perusahaan itu sendiri, sehingga dengan melihat seragam karyawan, maka pelanggan dengan mudah mengenali itu karyawan dari perusahaan mana.
Antara satu bidang pekerjaan dengan bidang pekerjaan lain dari suatu perusahaan dibedakan. Warna yang digunakan untuk pakaian seragam boleh yang berwarna cerah. Tidak hanya menggunakan satu warna saja namun juga bisa mengombinasikan antara satu warna dengan warna yang lain. Kombinasi warna dipilih supaya seragam tersebut tak tampak monoton dan terlihat berwarna sehingga karyawan semangat dalam bekerja.
Inilah fungsi seragam perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan yang juga dipengaruhi oleh pemilihan desain dan warna seragam, semoga bermanfaat.
Oleh: henryadams.co.id