Seragam kantor merupakan identitas sejati, hal yang sangat dibangga-banggakan oleh para karyawan. Mengingat perjuangan untuk memperoleh pekerjaan di zaman ini sangatlah sulit, sehingga ketika kantor memberikan seragam kita akan menjaga dan merawatnya sebaik mungkin. Selain memiliki pengaruh positif bagi karyawan, nyatanya seragam juga berpengaruh baik terhadap perusahaan.
Peran seragam kantor sebagai branding perusahaan
Perusahaan memiliki banyak pertimbangan sebelum memproduksi sesuatu termasuk membuat seragam karyawan. Harus ada timbal balik yang dirasakan oleh perusahaan. Simak beberapa manfaat dan peran memproduksi seragam karyawan untuk perusahaan:
1. Seragam karyawan sebagai media marketing terbaik
Seragam karyawan sejak zaman dahulu sudah dibuat semenarik mungkin, dengan menggunakan warna-warna yang indah bahkan beberapa menambahkan corak. Seragam karyawan tidak hanya diberikan polos begitu saja, melainkan dengan tambahan pola, logo maupun nama perusahaan.
Ketiganya tercetak dengan sangat baik entah itu di depan maupun belakang. Tujuan penambahan identitas tersebut ada 2 yakni sebagai identitas karyawan dan sebagai media marketing terbaik. Ketika seorang karyawan memakai seragam perusahaan mereka secara otomatis orang lain akan menyadari identitasnya.
Mereka akan memahami di mana mereka bekerja, dan yang tidak mengenal nama perusahaan yang tertulis di seragam akan mulai bertanya-tanya. Apa sesungguhnya perusahaan tersebut? Bekerja dalam bidang apa? mengapa seragam karyawannya dibuat dengan sangat baik dan indah?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya membutuhkan jawaban, dan hanya bisa dipahami bila menggali informasi. Secara perlahan-lahan, nama perusahaan pun mulai terangkat. Dari yang hanya dikenal oleh segelintir orang, mulai dikenal banyak orang. Alat marketing ini jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan cara marketing lainnya. Meskipun sama-sama mengeluarkan biaya setidaknya seragam karyawan bisa menjadi media marketing selamanya.
2. Hadiah seragam konsumen untuk branding perusahaan
Selain membuat seragam kerja, beberapa perusahaan tertarik untuk membuat merchandise berupa kaos unik dengan nama dan logo perusahaan tercetak jelas di sana. Aplikasi ini juga banyak digunakan dalam kampanye partai.
Saat konsumen menerima merchandise kaos perusahaan lalu mengenakannya, secara otomatis dia telah memperkenalkan produk perusahaan pada publik. Cara marketing ini sangat cerdas, karena sebagian besar konsumen tidak menyadarinya. Mereka bahkan dengan sukarela mengenakan kaos tersebut, apalagi jika kaosnya dibuat semenarik dan seunik mungkin dari bahan yang nyaman dipakai.
Jadi, bila tertarik untuk membuat seragam karyawan terbaru tidak ada ruginya untuk menciptakan desain kaos merchandise untuk konsumen sebagai branding company yang efektif. Agar konsumen betah mengenakannya dan tidak memakainya sebagai lap di rumah, maka buat sebagus dan senyaman mungkin.
Demikian cerita singkat tentang aplikasi seragam kantor sebagai media branding atau marketing perusahaan. Karyawan sangat mencintai seragam mereka yang kontrasnya turut dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Karena bagaimana pun juga, bila perusahaan dalam kondisi baik dan sejahtera maka kesejahteraan karyawan pun akan ikut terangkat.
Oleh: henryadams.co.id